Friday 11 July 2014

Anatomi penis

Kenali anatomi penis anda

   Penis merupakan organ kompleks yang terbuat dari jaringan lunak, jaringan serat elastis, otot polos, pembuluh darah arteri dan vena, dan sistem saraf. Penis merupakan mesin hidrolik yang terdiri dari dua silinder jaringan erektil yang berparalel disebut korpus kavernosa yang dikelilingi oleh sebuah membran tunica albuginea dan silinder yang lebih kecil di tengah disebut korpus spongiosa.

 

   Korpus spongiosa merupakan jaringan erektil yang mengelilingi uretra (saluran kemih) dan membentuk glans penis. Jaringan erektil ini kaya akan sinus (kantung) pembuluh darah yang dikelilingi oleh otot polos dan jaringan serat elastis.



   Rangsangan untuk ereksi datang dari persarafan korpus kavernosa (cavernous nervus) dari kelenjar prostat. Normalnya ereksi terjadi akibat kompleks interaksi antara pembuluh darah dan sistem saraf.

 

   Ereksi penis dapat melalui dua mekanisme, psikogenik sentral dan refleksogenik. Ereksi psikogenik diinisiasi dari otak sebagai respon terhadap rangsangan pendengaran, penglihatan, penciuman atau imaginasi sedangkan ereksi refleksogenik terjadi akibat rangsangan berupa sentuhan pada penis yang dinisiasi oleh persarafan tulang belakang.

   Pada fase flaccid, atau non-ereksi, otot halus dan pembuluh darah arteri yang mengaliri sinus kavernosa berkontraksi. Terdapat keseimbangan antara aliran darah masuk dan keluar jaringan erektil.


   Saat merasa terangsang, sistem saraf pusat menstimulasi pelepasan sejumlah substansi kimia yang akan merelaksasikan otot polos dalam penis, mengalirkan darah ke sinus-sinus pembuluh darah di korpus kavernosa penis. Jaringan erektil membesar bersama tunica albuginea menekan pembuluh darah balik di sekitarnya, menghalangi aliran darah meninggalkan penis sehingga penis menjadi kaku.

Ereksi penis

   Ereksi tidak dikendalikan oleh otak, tetapi memiliki sistem syaraf otonom yang akan bereaksi apabila ada stimulasi yang terpapar pada jaringan otot otot polos yang mengendalikan ereksi.

   Anda bisa membaca penyebab ereksi pada artikel lain di blog ini: yaitu rasa panas dari dalam tubuh yang pada akhirnya menstimulasi otot otot polos pengendali ereksi.

   Kondisi yang diperlukan agar ereksi kuat dan tahan lama, yang paling penting adalah aliran darah yang lancar, ketersediaan kalori untuk menjaga stamina dan tentunya dapur pacu untuk meningkatkan metabolisme tubuh untuk merubah nutrisi asupan makanan menjadi zat zat penting untuk mendukung ereksi kuat dan tahan lama.

No comments:

Post a Comment